FORMAT DAFTAR UJI PENDIDIKAN MUTU
SEKOLAH
TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
DAFTAR UJI PENDIDIKAN MUTU
1= kurang
sekali, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = baik sekali
Akses
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Hubungan dengan pelanggan
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Akses
yang terbuka
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Layanan bagi pelanggan
Petunjuk dan bimbingan
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Sumber daya
dalam proses belajar
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Fasilitas umum
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Kepemimpinan
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Nilai-nilai
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Lingkungan
dan sumber daya fisik
|
|||||
Bangunan , ruang kelas dan ruang
lokakarya
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Lingkungan belajar yang mendukung
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Kesehatan dan keselamatan
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Kontrol dan alokasi sumber daya
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Pembelajaran
efektif
|
|||||
Ketepatan metode pembelajaran
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Ketepatan portofolio pembelajaran
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Pengawasan dan evaluasi
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Pelajar
|
|||||
Kepentingan pelajar
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Kepuasan belajar
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Staf
Pengajar
|
|||||
Sikap dan motivasi
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Tim kerja
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Pengembamgan staf
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Fasilitas Staf
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Relasi
eksternal
|
|||||
Pemasaran
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Komunitas
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Keorganisasian
|
|||||
Perencanaan strategis
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Kultur organisasi
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Standar-standar
|
|||||
Standar keras
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Standar lunak
|
|||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
|
√
|
||||
Aplikasi standar yang benar
|
|||||
|
√
|
||||
ULASAN
Sistem pendidikan selalu mewujudkan pada
arah penciptaan mutu pendidikan sebagai salah satu pilar pengembangan sumber
daya manusia. Pendidikan yang bermutu dapat diwujudkan apabila terdapat di
sekolah beserta elemen yang melengkapi, contohnya sarana prasarana, pengajar,
dan tenaga administrative lainnya yang berkualitas.
Penulis telah melakukan pengukuran
terhadap mutu pendidikan di tempat dia bekerja, kegiatan pengukuran ini
dilaksanakan di salah satu sekolah di Lampung Barat. Penelitian ini
dilaksanakan untuk melihat dan mengetahui mutu pendidikan di sekolah tersebut
dengan melihat beberapa unsur terkait diantaranya ; peserta didik, pendidik,
hubungan dengan pihak-pihak terkait, pelayanan, kepemimpinana, lingkungan,
pembelajaran, keorganisasian, standar-standar.
Untuk mengevaluasi mutu di sekolah ini, Penulis menggunakan daftar uji yang sudah tertulis di
atas yang digunakan sebagai alat ukur.
Hubungan dengan
pelanggan atau dengan pihak-pihak yang terkait lainnya sudah baik, pelayanan
bagi pelanggan cukup tapi fasilitas sudah memadai untuk sekolah di desa. Karena
pelanggan adalah raja, maka hendaknya mengutamakan kepuasan pelanggan terlebih
dahulu dengan mengedepankan pelayanan prima. Sedangkan fasilitas adalah salah
satu syarat terjaminnya mutu, karena dengan fasilitas yang memadai pelanggan
akan terlayani dengan baik.
Pemimpin adalah orang yang membuka
kunci jaminan mutu, maka itu kepemimpinan harus menunujukan kalau dia adalah
pribadi yang bermutu dan bisa menerapkan sekolah yang di pimpinnya menjadi
lebih bermutu dan sesuai dengan visi dan misi yang dirancang sesuai dengan
karakter organisasinya sendiri. Kenapa pemimpin yang bertanggung jawab? Karena
pemimpin sekolah adalah yang berwenang menentukan kebijakan dan keputusan
sesuai perturan yang ada. Hasil pengamatan penulis, pemimpin yang ada di
sekolahnya adah pemimpin yang sangat baik dan bisa berpeluang dengan sebutan
pemimipin yang bernutu.
Unsur lain penunjang mutu adalah
lingkungan yang sudah dipandang baik walaupun tata letak ruangan masih harus
dibenahi, tapi suasana dan kebersihan bisa menjamin mutu asalkan penghuninya
sendiri bisa merawatnya.
Banyak indikator yang dapat
dikembangkan untuk meningkatkan mutu di suatu lembaga pendidikan. Penjaminan
mutu di sekolah misalnya dalam hal kurikulum dan proses pembelajaran. Dari
mulai strategi pembelajaran, metode dan model pembelajaran serta pengawasan dan
evaluasi di sekolah ini sudah baik tapi perlu ditingkatkan lagi untuk
mencapai target dan tujuan yang sudah ditentukan.
Siswa yang bermutu itu, pelajar yang
menyadari statusnya sebagai pelajar
sehingga mereka bertangung jawab dengan kompetensi lulusan, tugas dan merasa
puas dengan hasil evaluasi, sampai mereka menjadi lulusan yang bermutu. Siswa
yang bukan hanya mencari ilmu tap juga mencari tempat untuk mengembangkan bakat
atau potensi dalam diri. Masih banyak yang harus di beri pengertian dan
pelatihan serta motivasi yang cukup untuk meningkatkan mutu pelajar di SMA ini.
Peranan penting lainnya, mutu staf
pengajar yang paling konsisten dan kuat dalam mempengaruhi mutu pendidikan.
Guru yang bermutu adalah guru yang mampu membelajarkan murid secara efektif
sesuai dengan kendala sumber daya dan lingkungannya. Guru yang bermutu akan
mampu menghasilkan lulusan yang bermutu pula. Mutu guru sudah baik, tapi itu
diduga tidak akan baik apabila tidak ditunjang dengan kelengkapan dan peralatan
staf yang baik pula, karena itu akan mempengaruhi kinerja dan motivasi mereka.
Namun tim kerja masih kurang baik karena
masih banyak staf yang mau menonjolkan dirinya sendiri tanpa melihat
kepentingan dan kebutuhannya.
Jika dilihat dari relasi ekternal
sudah cukup, pengelolaan keorganisasian masih perlu dikembangkan. Hasil ujian
selalu baik bahkan sangat baik, tapi tetap control dana menjadi suatu masalah
yang biasa.
Jadi,
kesimpulan dari pengujian mutu di sekolah sampel ini baik, meski perlu
ditingkatkan pada point-point tertentu. Harus lebih adanya pelatihan –palatihan
bagi warga sekolahnya, penataan ruang, penerapan misi-visi lebih kuat lagi.
No comments:
Post a Comment